Istilah "Rock-and-Roll" pertama kali digunakan dalam tahun 1951 oleh Alan Freed, yaitu seorang DJ dari Cleveland, USA. Asalnya diambil dari lagu "My Baby Rocks Me with a Steady Roll". Alan Freed menggunakan kata "rock, roll, rock and roll" dan mengaitkan irama tersebut dengan adegan di atas katil yang biasa digunakan dalam musik blues. Dalam budaya masyarakat orang kulit hitam ketika itu, Pendek kata "Rock-and-Roll" muncul dari irama rythm and blues yang dinyanyikan dengan iringan petikan gitar. Blues telah muncul sebelum tahun 1950 yaitu musik pendatang dari Afrika. Dari dictionary.com, makna "rock'n'roll" adalah satu genre musik populer bermula dalam tahun 1950an; alunan musik bangsa kulit hitam "rhythm-and-blues" dengan musik bangsa kulit putih "country-and-western"; kata "rock" pula adalah istilah yang dikeluarkan dari berbagai style dari "rock'n'roll."
Diantara mereka yang menonjol di era 50an adalah Bill Haley (Rock Around The Clock) , Buddy Holly (That will be the day), Carl Perkins, Chuck Berry (Maybelline), Elvis Presley (Jailhouse Rock), Fats Domino, Jerry Lee Lewis, Little Richard (Lucille), Muddy Waters, James Brown (I feel Good) dan banyak lagi.
Asal lagu-lagu rock menggunakan solo saxaphone tetapi sekitar tahun 1956, gitar telah mulai dijadikan alat solo utama. Walaupun artis seperti James Brown masih menggunakan saxaphone, tetapi guitar lebih diminati. Lagu-lagu hits seperti Jailhouse Rock (Elvis Presley) dan Rock Around The Clock (Bill Haley & The Comets) telah mengunakan gitar sebagai alatan utama.
Pada mulanya, rythm and blues cuma di nyanyikan dan di dengar oleh orang kulit hitam. Sikap rasis orang kulit putih telah menjadi musuh utama rythm and blues. Lagu yang yang telah membuat orang kulit putih mulai menyukai lagu rythm and blues adalah lagu Sixty Minutes Man oleh The Dominos. Ratusan ribu keping telah dijual walaupun tanpa promosi siaran radio. Lagu Sh-Boom oleh kumpulan orang kulit hitam dari New York, yaitu The Chords telah menembus tanggalagu orang kulit putih pada tahun 1954.
Pada tahun 1955, lagu Maybelline Chuck Berry boleh dikatakan pencetus lagu rock, karena dialah orang pertama yang menggunakan gitar sebagai alat utama, dan mengenengahkan bunyi "descending pentatonic double-stops" (asas gitar rock)
Penghujung 50an dan awal 60an merupakan tahun kegelapan rock-n-roll di USA. Peminat musik telah beralih selera kepada musik yang lebih melodik dan suka berdansa. Lagu-lagu dari Paul Anka - Diana (1957), Pat Boone - Love Letters In The Sand (1957), Bobby Darin - Dream Lover (1959), Frankie Avalon - Why (1959), Fabian (Forte) - I'm a Man (1959), Bobby Rydell - Wild One (1960), Rick Nelson - Hello Mary Lou (1961), Bobby Vee (Velline) - Take Good Care Of My Baby (1961), dan Neil Sedaka - Breaking Up Is Hard To Do (1962), dan yang seangkatan telah mengambil alih.
Walaubagaimanapun masih adakeraguan - keraguan yang berkonsep rock-and-roll. Antaranya adalah lagu-lagu berikut:-
Save The Last Dance For Me oleh The Drifters
Its In His Kiss oleh Betty Everett
Crazy Man Crazy oleh Bill Haley
Can't Stay Mad At You oleh Skeeter Davis
Dipenghujung 60an pula, di USA beberapa musisi rock muncul kebanyakan dari Michigan. Diantara lagu-lagu yang menarik adalah:-
Who Do You Love oleh The Woolies
Heavy Music oleh The Last Heard
Lagu-lagu dari UK juga berkembang sama. Lagu-lagu dari The Beatles (awal 60an) telah membangkitkan kegemilangan rock-n-roll dan begitu diminati dan telah menembus pasaran USA. Rock n roll kembali menyinari kancah musik pop. Antara lagu2 dari UK adalah:-
Please Please Me The Beatles
Apache oleh The Shadows
Shakin All Over oleh Johnny Kidd and The Pirates
Gloria oleh Them
He's In Town oleh Rockin' Berries
Zaman kegelapan telah mengevolusikan rock-n-roll. Musisi rock n roll tidak boleh lagi mengharapkan radio sebagai saluran untuk memperdengarkan lagu-lagu mereka, maka musisi2 tersebut telah mencampur adukkan resep-resp lain kepada rock-n-roll. Contohnya pada tahun 1957 lagu instrumental Rumble oleh Link Wray telah menciptakan bunyi gitar "fuzz-tone" (konsep "power chord"); dan dalam tahun 1958, Eddie Cochran telah menciptakan suara dari alat musik dan vokal dalam lagu-lagu Summertime Blues dan C'mon Everybody. Inovasi-inovasi ini merupakan satu kejayaan teknologi musik waktu itu, rock n roll tidak menjadi perhatian kepada label maupun pendengar musik.
Lagu-lagu Rock 50an tidak mementingkan kehalusan alunan dan bunyi. Tiada "rock n roll drive" yang memekikkan telinga. Gitarpun bunyinya biasa saja, tidak seperti bunyi rock sekarang. Rekoding pun lebih kurang, dilakukan secara live, tiada efek stereo dan media rekod hanyalah piring hitam. Namun bila zaman berubah dan teknologi berubah, kita lihat kumpulan-kumpulan Rock 60an seperti Rolling Stones telah meniru lagu Chuck Berry lebih baik daripada Chuck; Beatles meniru Carl Perkins; dan The Who membawa lagu Eddie Cochran - Summertime Blues dengan lebih lembut lagi.
Maka pada tahun 60an muncullah cabang-cabang Rock. Diantara lain cabang-cabang tersebut adalah Rhythm & Blues, Hard Rock, Heavy Metal, Arena Rock, Punk/Grunge, Roots Rock, Folk Rock, Celtic Rock, Jazz Rock, Mope Rock, Meta Rock dan Pop Rock.
Diantara mereka yang menonjol di era 50an adalah Bill Haley (Rock Around The Clock) , Buddy Holly (That will be the day), Carl Perkins, Chuck Berry (Maybelline), Elvis Presley (Jailhouse Rock), Fats Domino, Jerry Lee Lewis, Little Richard (Lucille), Muddy Waters, James Brown (I feel Good) dan banyak lagi.
Asal lagu-lagu rock menggunakan solo saxaphone tetapi sekitar tahun 1956, gitar telah mulai dijadikan alat solo utama. Walaupun artis seperti James Brown masih menggunakan saxaphone, tetapi guitar lebih diminati. Lagu-lagu hits seperti Jailhouse Rock (Elvis Presley) dan Rock Around The Clock (Bill Haley & The Comets) telah mengunakan gitar sebagai alatan utama.
Pada mulanya, rythm and blues cuma di nyanyikan dan di dengar oleh orang kulit hitam. Sikap rasis orang kulit putih telah menjadi musuh utama rythm and blues. Lagu yang yang telah membuat orang kulit putih mulai menyukai lagu rythm and blues adalah lagu Sixty Minutes Man oleh The Dominos. Ratusan ribu keping telah dijual walaupun tanpa promosi siaran radio. Lagu Sh-Boom oleh kumpulan orang kulit hitam dari New York, yaitu The Chords telah menembus tanggalagu orang kulit putih pada tahun 1954.
Pada tahun 1955, lagu Maybelline Chuck Berry boleh dikatakan pencetus lagu rock, karena dialah orang pertama yang menggunakan gitar sebagai alat utama, dan mengenengahkan bunyi "descending pentatonic double-stops" (asas gitar rock)
Penghujung 50an dan awal 60an merupakan tahun kegelapan rock-n-roll di USA. Peminat musik telah beralih selera kepada musik yang lebih melodik dan suka berdansa. Lagu-lagu dari Paul Anka - Diana (1957), Pat Boone - Love Letters In The Sand (1957), Bobby Darin - Dream Lover (1959), Frankie Avalon - Why (1959), Fabian (Forte) - I'm a Man (1959), Bobby Rydell - Wild One (1960), Rick Nelson - Hello Mary Lou (1961), Bobby Vee (Velline) - Take Good Care Of My Baby (1961), dan Neil Sedaka - Breaking Up Is Hard To Do (1962), dan yang seangkatan telah mengambil alih.
Walaubagaimanapun masih adakeraguan - keraguan yang berkonsep rock-and-roll. Antaranya adalah lagu-lagu berikut:-
Save The Last Dance For Me oleh The Drifters
Its In His Kiss oleh Betty Everett
Crazy Man Crazy oleh Bill Haley
Can't Stay Mad At You oleh Skeeter Davis
Dipenghujung 60an pula, di USA beberapa musisi rock muncul kebanyakan dari Michigan. Diantara lagu-lagu yang menarik adalah:-
Who Do You Love oleh The Woolies
Heavy Music oleh The Last Heard
Lagu-lagu dari UK juga berkembang sama. Lagu-lagu dari The Beatles (awal 60an) telah membangkitkan kegemilangan rock-n-roll dan begitu diminati dan telah menembus pasaran USA. Rock n roll kembali menyinari kancah musik pop. Antara lagu2 dari UK adalah:-
Please Please Me The Beatles
Apache oleh The Shadows
Shakin All Over oleh Johnny Kidd and The Pirates
Gloria oleh Them
He's In Town oleh Rockin' Berries
Zaman kegelapan telah mengevolusikan rock-n-roll. Musisi rock n roll tidak boleh lagi mengharapkan radio sebagai saluran untuk memperdengarkan lagu-lagu mereka, maka musisi2 tersebut telah mencampur adukkan resep-resp lain kepada rock-n-roll. Contohnya pada tahun 1957 lagu instrumental Rumble oleh Link Wray telah menciptakan bunyi gitar "fuzz-tone" (konsep "power chord"); dan dalam tahun 1958, Eddie Cochran telah menciptakan suara dari alat musik dan vokal dalam lagu-lagu Summertime Blues dan C'mon Everybody. Inovasi-inovasi ini merupakan satu kejayaan teknologi musik waktu itu, rock n roll tidak menjadi perhatian kepada label maupun pendengar musik.
Lagu-lagu Rock 50an tidak mementingkan kehalusan alunan dan bunyi. Tiada "rock n roll drive" yang memekikkan telinga. Gitarpun bunyinya biasa saja, tidak seperti bunyi rock sekarang. Rekoding pun lebih kurang, dilakukan secara live, tiada efek stereo dan media rekod hanyalah piring hitam. Namun bila zaman berubah dan teknologi berubah, kita lihat kumpulan-kumpulan Rock 60an seperti Rolling Stones telah meniru lagu Chuck Berry lebih baik daripada Chuck; Beatles meniru Carl Perkins; dan The Who membawa lagu Eddie Cochran - Summertime Blues dengan lebih lembut lagi.
Maka pada tahun 60an muncullah cabang-cabang Rock. Diantara lain cabang-cabang tersebut adalah Rhythm & Blues, Hard Rock, Heavy Metal, Arena Rock, Punk/Grunge, Roots Rock, Folk Rock, Celtic Rock, Jazz Rock, Mope Rock, Meta Rock dan Pop Rock.
mantapppp
BalasHapus\m/